Universitas Pasundan

Sejak 1960

Pengkuh Agamana, Luhung Elmuna, Jembar Budayana

Sebagai bagian integral dari Paguyuban Pasundan, maka Universitas Pasundan melaksanakan cita-cita Paguyuban Pasundan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Universitas Pasundan bercita-cita mewujudkan masyarakat yang berbahagia serta diridhoi oleh Allah SWT. Untuk mencapai cita-cita tersebut dilakukan upaya–upaya yang mengarah pada pemanduan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan agama secara selaras, serasi dan seimbang, yang pada akhirnya diamalkan guna meningkatkan taraf hidup dan penghidupan masyarakat Indonesia yang tengah membangun.

Falsafah UNPAS

N

Bahwa kebahagiaan adalah rahmat dan karunia Allah SWT, dan merupakan hak semua umat manusia;

N

Karena itu Paguyuban Pasundan bertujuan membawa kehidupan masyarakat Indonesia ke arah kebahagiaan yang diridhoi Allah SWT;

N

Dengan jalan meningkatkan kehidupan masyarakat serta mengembangkan ilmu pengetahuan dalam bidang  sosial, ekonomi, teknologi, budaya dan agama;

N

Dalam perjalanan usahanya, dasar negara Pancasila menjadi landasan idiilnya dengan Undang-undang Dasar 1945 sebagai landasan konstitusional, serta Islam sebagai landasan keTuhanannya.

Visi UNPAS

Menjadi komunitas akademik peringkat internasional yang mengusung nilai Sunda dan Islam di tahun 2021

Misi UNPAS

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi bertaraf internasional;
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi bertaraf internasional;
  • Mewujudkan penelitian bertaraf internasional;
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan martabat manusia;
  • Menjaga, memeliharan dan mengembangkan budaya Sunda;
  • Menjaga, memelihara dan mengembangkan Syi’ar Islam;

Visi Fakultas Hukum

Menjadi lembaga yang unggul dalam kualitas dan terdepan dalam pengabdian profesi hukum dilandasi nilai kesundaaan dan keislaman di tahun 2021.

Visi Program Studi Ilmu Hukum

Unggulan dalam kualitas dan terdepan dalam pengabdian profesi hukum berlandaskan nilai kesundaan dan keislaman di tahun 2021.

Misi Fakultas Hukum

Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi dalam ilmu hukum berbasis nilai-nilai keislaman dan kesundaan.

Misi Program Studi Ilmu Hukum

Optimalisasi Tridarma Perguruan Tinggi dalam bidang ilmu hukum berbasis nilai-nilai agama islam, budaya sunda dan aktualisasi nilai yang berkembang, baik teoritis maupun praktis untuk mendorong Universitas Pasundan yang bermartabat.

Tujuan Fakultas Hukum

Tujuan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Pasundan diarahkan untuk mampu :

N

Menerapkan dan/atau mengembangkan Ilmu Hukum di dalam bermasyarakat dan bernegara sehingga bermanfaat bagi kehidupan.

N

Mengikuti dan/atau mengupayakan pengembangan Ilmu Hukum baik nasional maupun internasional melalui Tridharma Perguruan Tinggi secara teoritis maupun praktis sehingga terbentuk keilmuan dan keahlian dibidangnya.

N

Membekali kemampuan untuk berkerjasama dalam menyelesaikan masalah-masalah hukum sehingga tujuan hukum dapat direalisasikan dalam kenyataan.

N

Ikut serta membangun Bangsa dan Negara melalui pemanfaatan Ilmu Hukum secara aktif, kreatif dan beretika.

Pola Strategi 5.4.2

Strategi 5 (Sasaran)

Pokok program Fakultas Hukum beserta operasionalisasi manajemen civitas akademiknya harus senantiasa berpijak dan mengekspresikan (1) Etika Profesi, (2) citra almamater, (3) pelayanan prima, (4) kualitas dan kreativitas kerja, (5) keunggulan dan kepeloporan.

Strategi 4 (Pendekatan)

Untuk terealisasinya program Fakultas Hukum Universitas Pasundan menggunakan pola pendekatan: (1) kemitraan, kerjasama dan jaringan baik nasional maupun internasional; (2) kekeluargaan berbasis profesional; (3) saling menguntungkan dan saling membesarkan; (4) kompetitip berkualitas.

Strategi 2 (Target)

Orientasi prosesi dan program Fakultas Hukum Unpas berikut segenap civitas akademiknya memiliki target untuk; (1) profesional dalam ilmu hukum; (2) nyantri nyantika (profesional) dan nyunda (berbasis kultural, khususnya kultur sunda).