Laboratorium Hukum

Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Unpas adalah unsurĀ  pelaksana dan penunjang kegiatan pendidikan, pengajaran, dan pengabdian pada masyarakat, terutama dalam mengembangkan profesionalisasi bidang hukum, baik hukum pidana (praktek persidangan perkara pidana dan perdata), hukum perdata (Praktek perancangan kontrak nasional dan kontrak Internasional, serta Hukum Tata negara (Praktek perancangan naskah akademik dan Peraturan perundang-undangan).


Laboratorium Hukum Fakultas Hukum Unpas telah berdiri sejakĀ  tahun 1997, sampai sekarang terus eksis mempertahankan jatidiri dalam mengembangkan ilmu hukum terutama hukum formil. Setiap pergantian kepengurusan pasti selalu ada perubahan-perubahan yang signifikan yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja dunia hukum, serta menyesuaikan dengan kurikulum pendidikan tinggi.


Laboratorium hukum berfungsi sebagai unsur penunjang pendidikan hukum yang melaksanakan pendidikan keterampilan hukum dan pengembangan ilmu hukum. Laboratorium hukum terdiri dari:

  1. Laboratorium Praktik Hukum; dan
  2. Laboratorium Pengkajian Hukum.


Laboratorium Pengkajian Hukum dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan yang bertanggung jawab langsung kepada Dekan. Sedangkan Laboratorium Praktik Hukum dipimpin oleh seorang Ketua Laboratorium yang diangkat dan diberhentikan oleh Dekan. Laboratorium Hukum merupakan fasilitas mahasiswa yang digunakan untuk melakukan praktik sidang. Ruang Sidang semu mempunyai meja sidang, baju toga, palu, bendera, kursi dan peralatan sidang lainnya yang ditata sedemikian rupa agar sesuai dengan ruang sidang semestinya. Dalam ruang sidang semu juga terdapat fasilitas AC untuk kenyamanan pengguna ruang saat melakukan praktik sidang.

Google Translate