Clinical Legal Education

Sekilas CLE

CLE, akronim dari Clinical Legal Education, adalah program peningkatan kapasitas pengetahuan peserta didik yang telah populer di universitas-universitas di Amerika, Afrika, Eropa, Australia, Canada, Filipina, Malaysia, Kamboja dan masih banyak negara lainnya dengan berbagai varian penerapannya.


Apa yang dimaksud dengan Clinical Legal Education ?

Philip Plowden mengasumsikan clinical legal education sebagai teaching law through exposure to real clients and their problems dan bahkan menurutnya, clinical legal education, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari fakultas hukum dan wajib untuk dikembangkan dalam kurikulum pengajaran. Dengan demikian clinical legal education adalah sarana terpenting untuk membiasakan peserta didik dalam atmosfir pelaksanaan sistem hukum di Indonesia.

Clinical Legal Education Fakultas Hukum Universitas Pasundan merupakan bagian dari Clinical Legal Education yang telah dilaksanakan di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, CLE FH-Unpas merupakan salah satu pioneer bersama-sama dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.


PROGRAM STREET LAW

Sejak tahun 2007, di lingkungan FH UNPAS telah mulai dirintis program CLE, dengan fokus pada kegiatan Street Law, yaitu program pendidikan hukum populer bagi masyarakat yang menggunakan metode partisipatif. Istilah Street Law pertama kali dipopulerkan di Georgetown University Law Faculty, Washington DC, Amerika Serikat, yang maksudnya adalah hukum jalanan, yaitu hukum yang berada disekitar masyarakat sehari-hari, yang populer, yang sangat sering dihadapi. Program ini dilaksanakan oleh peserta didik fakultas hukum dibawah supervisi dosen praktisi hukum yang berpengalaman dalam melakukan pendampingan hukum masyarakat. Program ini adalah bagian dari program pelayanan bagi masyarakat (public service) yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan budaya penghormatan terhadap hak warga negara dengan cara mempromosikan perlindungan, perlakuan yang non diskriminatif  serta penerapan sistem hukum yang demokratis.

 

Google Translate