Biro Bantuan dan Konsultasi Hukum

Biro Bantuan dan Konsultasi Hukum (BBKH)


Sekilas BBKH

Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Unpas Nomor : 006/SK/UNPAS/ XI/1977 Dibentuklah Lembaga Bantuan Konsultasi Hukum (LBKH); Tanggal  20 Januari 1983 melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Pasundan No. 02/SK/UNPAS/1/1983 nama LBKH berubah menjadi Biro Bantuan dan Konsultasi Hukum  (BBKH) FH Unpas dan sejak  16 Oktober 2002 BBKH FH Unpas menempati kesekretariatan di Kampus Unpas  Jl. Taman Sari No. 6-8 Bandung.


Sejak  Tahun 2003 BBKH FH Unpas bersekretariat di Jl. Lengkong Dalam No. 17 Bandung, seiring dengan pindahnya kampus Fakultas Hukum dari Jl. Tamansari No. 6-8 ke Jl. Lengkong  Besar No. 68 Bandung.


Seiring dengan laju dan berkembangnya kesadaran masyarakat terhadap hukum temasuk masyarakat menengah ke bawah, dari sekian banyak Lembaga Bantuan Hukum yang ada dilingkungan kampus di Jawa Barat, hanya BBKH yang tetap eksis untuk berusaha memberikan pelayanan jasa hukum secara cuma-cuma sebaik mungkin. Untuk mendukung gerak langkah BBKH dalam memberikan bantuan hukum, BBKH membuka link dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta serta LSM-LSM berkaitan dengan partisipasi penegakan hukum.


Tujuan dibentuknya :

  • Memberikan pembelajaran secara praktis terhadap peserta didik mengenai bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu.
  • Memberikan jasa Layanan Hukum untuk  masyarakat yang tidak mampu.
  • Memberikan kontribusi dalam pengembangan dan penelitian Ilmu Hukum khususnya dalam perkara-perkara hukum yang terjadi di dalam masyarakat.
  • Menjalin berbagai kerjasama dengan lembaga-lembaga bantuan hukum lain yang berada di luar civitas  akademika FH Unpas .

Google Translate