Sejarah

Sejarah Fakultas Hukum

Universitas Pasundan



Fakultas Hukum Universitas Pasundan merupakan salah satu Fakultas tertua di lingkungan Universitas Pasundan dan bernaung di bawah Yayasan Universitas Pasundan yang didirikan pada tanggal 14 November 1960 berdasarkan Akta Notaris Mr. Tan Eng Kiam No. 4 Tanggal 14 November 1960 sebagaimana telah dirubah berdasarkan Akta Notaris Komar Andasasmita No. 39 Tanggal 24 Maret 1967, yang pertama kali dibuka di Universitas  Pasundan  bersama-sama Fakultas Sosial Politik yang semula keduanya bernama: “Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat serta Fakultas Sosial Politik”.


Kelahiran Fakultas Hukum dan Fakultas Sosial Politik terkait langsung dengan perjuangan panjang induk organisasi yakni Pegoejoeban Pasoendan yang didirikan pada tanggal 20 Juli 1913 oleh generasi muda peserta didik Sunda di STOVIA (School Tot Opleiding voor Indlandsche Artsen) – sekolah kedokteran zaman Belanda di Batavia (Jakarta), ditokohi oleh Daeng Kandoeroean Ardiwinata dan Dajat Hidajat.


Akibat terjadinya perubahan-perubahan sosial politik di Asia waktu itu, selanjutnya dan dalam perkembangannya perjuangan Pagoejoeban Pasoendan khususnya dalam dunia pendidikan ditindak lanjuti oleh para pendiri Jajasan Universitas Pasoendan yang ditokohi oleh R. Soedarma Soeraatmadja, R. Atik Rolie, H. Ijos Wiraatmadja, Mr. Oesadi dan Tatang Kosasih. Atas dasar inisiatif para pendiri Jajasan Universitas Pasoendan ini, dan didorong induk organisasi Pagoejoeban Pasoendan maka lahirlah Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Universitas Pasoendan yang dalam perkembangannya menjadi Fakultas Hukum Universitas Pasundan yang kita kenal sekarang ini.


Google Translate